Minggu, 29 April 2012

KRITERIA GURU SMP - SMA MANGGALA


1)   Guru Mata pelajaran
          1.      Tertib Absensi :
·      Kehadiran ≥90%.
·      15 menit sebelum bel jam pertama harus sudah hadir di sekolah.
           2.      Tertib Administrasi Pembelajaran     :
Paling lambat satu (1) minggu sebelum KBM dimulai, semua guru mata pelajaran wajib mengumpulkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari :
·       Kalender Pendidikan
·       Rincian Minggu Efektif
·       Standar Isi (SK/KD)
·       Analisis Standar Isi
·       Program Tahunan
·       Program Semester
·       Silabus
·       RPP
·       Proses Penetapan KKM

Pada saat Proses Belajar Mengajar akan berlangsung, perangkat pembelajaran tersebut harus sudah dilengkapi dengan :
1.   Daftar absensi siswa
2.   Daftar nilai
3.   Buku agenda harian
4.   Buku catatan kasus (Anekdot)
5.   Buku catatan kemajuan belajar siswa
6.   Format analisis hasil belajar
7.   Program pembelajaran remedial dan pengayaan
8.   Bank Soal ( Jika sudah melaksanakan kegiatan ulangan harian)

           3.      Mengikuti Program Induksi
Program induksi adalah program pembinaan dan pembimbingan pembuatan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan proses pembelajaran.
·      Waktu Pelaksanaan                        : Dimulai awal Tahun Pelajaran
·      Sasaran                               : Semua Guru Mata Pelajaran
·      Tim Pembimbing                : Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum & Biro Perencanaan
  dan Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah dan Pesantren.
           
4.    Mengikuti Penilaian Kinerja Guru
Penilaian Kinerja Guru merupakan tindak lanjut dari program induksi
·      Waktu Pelaksanaan :  Awal tahun pelajaran (Formatif) dan akhir tahun
Pelajaran (Sumatif)
·      Sasaran                     : Semua guru yang lulus dalam program induksi
·      Tim Penilai                : Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum

·      Aspek yang dinilai    :

I.   Kompetensi Paedagogik
·         Menguasai karakteristik peserta didik.
·         Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
·         Pengembangan kurikulum.
·         Kegiatan pembelajaran yang mendidik.
·         Pengembangan potensi peserta didik.
·         Komunikasi dengan peserta didik.
·         Penilaian dan evaluasi.
II.  Kompetensi  Kepribadian
·         Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional.
·         Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan.
·         Etos Kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru.
III.             Kompetensi Sosial
·         Bersikap inklusif, bertindak obyektif, serta tidak diskriminatif.
·         Komunikasi dengan sesama guru, tenaga kependidikan, orang tua, peserta didik, dan masyarakat.
IV.        Kompetensi Profesional
·         Penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
·         Mengembangkan Keprofesionalan melalui tindakan yang reflektif.

Catatan : Nilai hasil penilaian Kinerja Guru menjadi bahan pertimbangan kelanjutkan program kontrak sebagai guru SMP – SMA Manggala.

5.     Mengikuti kegiatan program pengembangan profesi yang ditugaskan oleh sekolah dengan rasa penuh tanggungjawab.

2). Guru BK

1.    Tertib Absensi :
·      Kehadiran ≥90%.
·      15 menit sebelum jam pertama harus sudah hadir di sekolah.
·      Hari kerja 5 hari
2.    Tertib Administrasi
·                     Memiliki program layanan BK ( RPL/Satlay/Satkung)
·                     Memiliki data peserta didik/Konseling
·                     Memiliki sosiometri
·                     Membuat instrumen Non Tes / Angket
·                     Memiliki Pemetaan Latar belakang peserta didik dan keluarga
·        Melakukan interaksi dengan organisasi profesi lain (antara lain berupa surat kerjasama, surat keterangan, MoU dengan pihak terkait, atau bukti fisik lainnya). Memiliki transkrip pelaporan layanan konseling individu dan penjelasan tentang proses dan hasilnya
·            Koordinasi  dengan wali  kelas dalam  rangka mengatasi  masalah-masalah yang dihadapi  anak didik tentang kesulitan belajar
·      Memberikan layanan dan bimbingan kepada anak didik agar lebih berprestasi dalam kegiatan belajar
·         Memberikan saran dan pertimbangan kepada anak didik dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
·           Mengadakan penilaian pelaksanaan bimbingan dan konseling
·           Menyusun statistik hasil penilaian bimbingan dan konseling
·           Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
·           Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut bimbingan dan konseling
·           Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan bimbingan dan koseling

3.    Mengikuti kegiatan program pengembangan profesi yang ditugaskan oleh sekolah dengan penuh rasa tanggungjawab.

3). Wali Kelas

Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.         Pengelolaan Kelas:
a.         Tugas Pokok meliputi:
·       Mewakili orang tua dan kepala sekolah dalam lingkungan pendidikan
·       Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
·       Membantu pengembangan keterampilan dan kecerdasan anak didik
·       Membina karakter, budi pekerti dan kepribadian anak didik
b.        Keadaan Anak Didik
·       Mengetahui jumlah (Putra dan Putri) dan nama-nama anak didik
·       Mengetahui identitas lain dari anak didik
·       Mengetahui kehadiran anak didik setiap hari
·       Mengetahui masalah-masalah  yang dihadapi  anak didik
c.         Melakukan Penilaian
·       Tingkah laku anak didik sehari-hari di sekolah
·       Kerajinan, Kelakuan, dan Kedisiplinan anak
d.        Mengambil Tindakan Bila Dianggap Perlu
·       Pemberitahuan , pembinaan, dan pengarahan
·       Peringatan secara lisan dan tertulis
·       Peringatan khusus yang terkait dengan BP/Kepala Sekolah
e.         Langkah Tindak Lanjut
·       Memperhatikan buku nilai raport anak didik
·       Memperhatikan keberhasilan/kenaikan anak didik
·       Memperhatikan dan membina suasana kekeluargaan
·       Melaksanakan Home Visit

2.    Penyelenggaraan Administrasi Kelas, meliputi:
a.         Denah tempat duduk anak didik
b.         Papan absensi anak didik
c.         Daftar Pelajaran dan Daftar Piket
d.        Buku Presensi
e.         Buku Jurnal kelas
f.          Tata tertib kelas
3.    Penyusunan dan pembuatan statistik bulanan anak didik
4.    Pembuatan catatan khusus tentang anak didik
5.    Pencatatan mutasi anak didik
6.    Pengisian dan pembagian buku laporan penilaian hasil belajar

4) PKS Kurikulum

1.       Tertib Absensi        :
·      Kehadiran ≥90%.
·    15 menit sebelum jam pertama harus sudah hadir di sekolah.
·    5 hari kerja

2.      Tertib Administrasi
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
·      Menyusun program kerja Kurikulum
·      Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
·      Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran
·      Menyusun jadwal evaluasi belajar dan pelaksanaan ujian akhir
·      Menerapkan kriteria persyaratan kenaikan kelas dan ketamatan
·      Mengatur jadwal penerimaan raport dan STTB
·      Mengkoordinasikan, menyusun dan mengarahkan penyusunan kelengkapan mengajar
·      Mengatur pelaksaan program perbaikan dan pengayaan
·      Mengatur pengembangan MGMP/MGBP dan koordinator mata pelajaran
·      Melakukan supervisi administrasi akademis
·      Melakukan pengarsipan program kurikulum
·      Penyusunan laporan secara berkala

5) PKS Kesiswaan

Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
           1.      Tertib Absensi :
·      Kehadiran ≥90%.
·       15 menit sebelum jam pertama harus sudah hadir di sekolah.
·       5 hari kerja

2.      Tertib Adminstrasi
1.       Menyusun program pembinaan kesiswaan (OSIS),  meliputi:  Karate, Pencak Silat,  Marawis,  Marching Band,  Paskibraka,  Theater, Sastra, Muaskar & Manggala Say Hello
2.   Melaksanakan bimbingan,  pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam  rangka :
1.         Menegakkan disiplin dan tata tertib sekolah serta pemilihan pengurus OSIS
2.         Membina pengurus OSIS dalam berorganisasi
3.         Menyusun jadwal dan pembinaan serta secara berkala dan insidental
4.         Membina dan melaksanakan koordinasi 9 K
5.         Melaksanakan pemilihan calon siswa berprestasi dan penerima bea siswa
6.         Mengadakan pemilihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan di luar sekolah
7.         Mengatur mutasi siswa
8.         Menyusun dan membuat kepanitiaan Penerimaan Siswa Baru dan pelaksanaan MOS
9.         Menyusun dan membuat jadwal kegiatan akhir tahun sekolah
10.     Menyelenggarakan cerdas cermat dan olah raga prestasi
11.     Membuat laporan kegiatan kesiswaan secara berkala

6)  PKS Humas

Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
1.      Tertib Absensi
·      Kehadiran ≥90%.
·       15 menit sebelum jam pertama harus sudah hadir di sekolah.
·       5 hari kerja

2.      Tertib Administrasi
1.      Membuat Program Kerja Humas
2.      Mengatur dan menyelenggarakan hubungan sekolah dengan dewan sekolah
3.      Membina hubungan antara sekolah dengan wali murid
4.    Membina pengembangan antar sekolah dengan lembaga pemerintah, dunia usaha, dan lembaga sosial lainnya
5.      Membuat dan menyusun program semua kebutuhan sekolah
6.      Koordinasi dengan semua staf untuk kelancaran kegiatan sekolah
7.      Menciptakan hubungan yang kondusif diantara warga sekolah
8.      Melakukan koordinasi dengan semua staf dan bertanggung jawab untuk mewujudkan 9 K
9.   Menyusun   program  kegiatan   bakti   sosial,   karya  wisata,   dan   pameran   hasil   pendidikan   (gebyar pendidikan)
10. Mewakili Kepala Sekolah apabila berhalangan untuk mnghadiri rapat masalah-masalah yang bersifat umum
11.  Menyusun laporan secara berkala

7)  Guru Piket

1.    Meningkatkan pelaksanaan 9 K  (keamanan,  kebersihan,  ketertiban,  keindahan,  kekeluargaan, kerindangan, kesehatan, keteladanan, dan keterbukaan)
2.        Mengadakan pendataan dan mengisi buku piket
3.        Menertibkan kelas-kelas yang kosong dengan jalan menginval
4.      Pada jam  ke 2 harus berusaha menghubungi orang tua siswa yang tidak masuk   tanpa keterangan melalui telepon, atau mengunjungi ke rumah bagi yang tidak memiliki telepon
5.        Mencatat beberapa kejadian: 
a.         guru dan siswa yang terlambat, 
b.         guru dan siswa yang pulang sebelum waktunya,
c.         kelas yang pulang / dipulangkan sebelum waktunya,
d.        kejadian-kejadian penting lainnya
6.  Mengawasi siswa sewaktu berada diluar kelas karena istirahat, dan keliling kelas   sambil mengingatkan siswa untuk beristirahat bagi siswa yang masih berada di dalam kelas
7.        Petugas piket harus hadir paling sedikit 15 menit sebelum bel masuk.
8.        Melaporkan kasus-kasus yang bersifat khusus kepada wali kelas atau guru pembimbing
9.        Mengawasi berlakunya tata tertib sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar