Selasa, 15 Mei 2012

URAIAN TUGAS POKOK TENAGA ADMINISTRASI


BERDASARKAN PERMENDIKNAS REPUBLIK INDONESIA NOMOR 24 TAHUN 2008 TENTANG STANDAR TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH

A.     STRUKTUR ORGANISASI TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH
KEPALA TENAGA ADMINISTRASI  Membawahi :
K.U. ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN
K.U. ADMINISTRASI KEUANGAN
K.U. ADMINISTRASI SARANA PRASARANA
K.U. ADMINISTRASI HUMAS
K.U. ADMINISTRASI PERSURATAN DAN PENGARSIPAN
K.U. ADMINISTRASI KESISWAAN
K.U. ADMINISTRASI KURIKULUM

B.      KRITERIA KEPALA TENAGA ADMINISTRASI
Kepala Tenaga Administrasi harus memiliki/ menguasai :
1.      Kompetensi Kepribadian
2.      Kompetensi social
3.      Kompetensi Teknis
4.      Kompetensi Manajeral

C.      URAIAN TUGAS POKOK KEPALA TENAGA ADMINISTRASI
·         Menyusun Program Kerja
·         Mengelola keuangan
·         Pengurusan administrasi ketenagaan dan siswa
·         Pembinaan dan pengembangan karier
·         Penyusunan administrasi perlengkapan sekolah
·         Penyusunan dan penyajian data statistic sekolah
·         Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K
·         Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan
 
D.     URAIAN TUGAS POKOK KEPALA URUSAN
             a.      KEPALA URUSAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN
Ø  Memahami pokok-pokok peraturan kepegawaian berdasarkan standar PTK.
Ø  Membantu merencanakan kebutuhan tenaga pendidik dan kependidikan.
Ø  Melaksanakan prosedur dan mekanisme kepegawaian.
Ø  Mengelola buku induk, administrasi DUK.
Ø  Melaksanakan registrasi dan kearsipan kepegawaian.
Ø  Menyiapkan format-format kepegawaian.
Ø  Memproses kepangkatan, mutasi dan promosi pegawai.
Ø  Menyusun laporan kepegawaian.
Ø  Menyusun dan menyajikan data/ statistic kepegawaian.
Ø  Membuat layanan system informasi dan pelaporan kepegawaian.
Ø  Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan kepegawaian.

             b.      KEPALA URUSAN ADMINISTRASI KEUANGAN
Ø  Membantu menghitung biaya investasi, biaya operasi dan biaya personal.
Ø  Menyusun dan menyajikan data/ statistic keuangan.
Ø  Membuat layanan system informasi dan pelaporan keuangan.
Ø  Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan keuangan.

            c.       KEPALA URUSAN ADMINISTRASI SARANA PRASARANA
Ø  Mengidentifikasi kebutuhan sarana dan prasarana.
Ø  Membantu merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana.
Ø  Mengadakan sarana dan prasarana.
Ø  Menginventarisasikan sarana dan prasarana.
Ø  Mendistribusikan sarana dan prasarana.
Ø  Memelihara sarana dan prasarana.
Ø  Melaksanakan penghapusan sarana dan prasarana.
Ø  Menyusun laporan sarana dan prasarana secara berkala.
Ø  Menyusun dan menyajikan data/ statistic sarana dan prasarana.
Ø  Membuat layanan system informasi dan pelaporan sarana dan prasarana.

            d.      KEPALA URUSAN ADMINISTRASI HUMAS
Ø  Memfasilitasi kelancaran kegiatan komite sekolah.
Ø  Membantu merencanakan program keterlibatan stakeholders.
Ø  Membina kerjasama dengan pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat.
Ø  Mempromosikan sekolah.
Ø  Mengkoordinasikan penelusuran tamatan.
Ø  Melayani tamu sekolah.
Ø  Membuat layanan system informasi dan pelaporan hubungan sekolah dengan masyarakat.
Ø  Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan hubungan sekolah dengan masyarakat.

           e.      KEPALA URUSAN ADMINISTRASI PERSURATAN DAN PENGARSIPAN
Ø  Menerapkan peraturan kesekretariatan.
Ø  Melaksanakan program kesekretariatan.
Ø  Mengelola surat masuk dan keluar.
Ø  Membuat konsep surat.
Ø  Melaksanakan kearsipan sekolah.
Ø  Menyusun laporan administrasi persuratan dan pengarsipan.
Ø  Membuat layanan system informasi dan pelaporan hubungan sekolah dengan masyarakat.
Ø  Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan hubungan sekolah dengan masyarakt.

          f.        KEPALA URUSAN ADMINISTRASI KESISWAAN
Ø  Membantu kegiatan penerimaan peserta didik baru.
Ø  Membantu kegiatan Masa Orientasi siswa.
Ø  Membantu mengatur rasio peserta didik perkelas.
Ø  Mendokumentasikan prestasi akademik dan non akademik.
Ø  Membuat data statistic peserta didik.
Ø  Menginventarisir program kerja pembinaan peserta didik secara berkala.
Ø  Mendokumentasikan program kerja kesiswaan.
Ø  Mendokumentasikan program Kegiatan Pengembangan Diri.
Ø  Membuat layanan system informasi dan pelaporan hubungan sekolah dengan masyarakat.
Ø  Memanfatkan TIK untuk mengadmninistrasikan hubungan sekolah dengan masyarakat.

           g.      KEPALA URUSAN ADMINISTRASI KURIKULUM
Ø  Mendokumentasikan Standar Isi.
Ø  Mendokumentasikan kurikulum yang berlaku.
Ø  Mendokumentasikan Silabus.
Ø  Menyiapkan format Silabus, RPP dan Penilaian Hasil Belajar.
Ø  Menyiapkan perangkat pengawasan proses pembelajaran.
Ø  Mendokumentasikan bahan ujian/ulangan.
Ø  Mendokumentasikan penilaian hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidik dan pemerintah.
Ø  Mendokumentasikan SKL Satuan pendidikan.
Ø  Mendokumentasikan SKL Mata Pelajaran.
Ø  Mendoikumentasikan KKM.
Ø  Membantu memfasilitasi pelaksanaan kurikulum dan Silabus.

           h.      LANJUTAN
Ø  Mendokumentasikan pemetaan kompetensi dasar tiap mata pelajaran per semester.
Ø  Mendokumentasikan kurikulum, silabus dan RPP.
Ø  Mendokumentasikan Daftar Kumpulan Nilai (DKN) atau Legger.
Ø  Membantu menyusun grafik daya serap ketuntasan belajar per mata pelajaran.
Ø  Menyusun daftar buku-buku wajib.
Ø  Membuat layanan system informasi dan pelaporan hubungan sekolah dengan masyarakat.
Ø  Memanfaatkan TIK untuk mengadministrasikan hubungan sekolah dengan masyarakat.

E.      PETUGAS LAYANAN KHUSUS
1)      PENJAGA SEKOLAH
Ø  Mengenal peta wilayah sekolah.
Ø  Memanfaatkan peta wilayah untuk kepentingan keamanan sekolah.
Ø  Menguasai teknik bela diri.
Ø  Merespon peristiwa dengan cepat dan tepat.
Ø  Membuat dokumen/ catatan tentang keamanan sekolah.
Ø  Melakukan tindakan pengamanan.
Ø  Menggunakan peralatan keamanan.
Ø  Menyampaikan laporan sesuai tugasnya.

2)      TUKANG KEBUN
Ø  Menggunakan peralatan pertanian atau perkebunan.
Ø  Merawat peralatan.
Ø  Mengenal teknik penanaman.
Ø  Merawat tanaman.

3)      TENAGA KEBERSIHAN
Ø  Menggunakan peralatan kebersihan.
Ø  Memelihara peralatan kebersihan.
Ø  Mewujudkan kebersihan sekolah.
Ø  Memelihara kebersihan sekolah.

4)      PESURUH
Ø  Mengenal peta wilayah setempat.
Ø  Memanfaatkan peta wilayah untuk kepentingan penyampaian dokumen.
Ø  Mengenal buku ekspedisi/ lrmbar pengantar.
Ø  Menggunakan buku ekspedisi/ lembar pengantar dalam pengiriman dokumen.
Ø  Membayar tagihan telepon, air dan listrik.
Ø  Menyiapkan kebutuhan rumah tangga.
Ø  Merawat peralatan rumah tangga sekolah.
F.       SISTIMATIKA PROGRAM KERJA
Lembar Pengesahan.
Kata Pengantar.
Daftar Isi.
Daftar Tabel.
Daftar Lampiran.
BAB I PENDAHULUAN
      A.      Latar Belakang
      B.      Visi, Misi, Strategi dan Tujuan
      C.      Dasar Hukum
      D.     Sistimatika Penyusunan
BAB II PROFIL SEKOLAH
      A.      Keadaan Siswa
      B.      Keadaan Pegawai
      C.      Keadaan Sarana Prasarana
BAB III PENGORGANISASIAN
      A.      Struktur Organisasi Sekolah
      B.      Struktur Tenaga Administrasi Sekolah
      C.      Pembagian Tugas
      D.     Analisis Jabatan, Wewenang, Tanggungjawab dan Hasil Pekerjaan
      E.      Alur Kerja Tenaga Administrasi Sekolah
      F.       Kalender Kerja (Matrik Kerja)
BAB IV SUMBER DAN PENGELOLAAN DANA
      A.      Sumber Pendanaan
      B.      Pengelolaan Dana
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
      A.      Kesimpulan
      B.      Saran